Window
Shopping
Belanja
adalah kegiatan di mana pelanggan menelusuri barang tersedia atau layanan yang
disajikan oleh satu atau lebih pengecer dengan niat untuk membeli pilihan yang
sesuai dari mereka.
Dalam beberapa konteks itu dapat dianggap sebagai rekreasi aktivitas serta
ekonomi satu.
"Belanja Jendela" adalah
browsing tanpa niat untuk membeli, baik sebagai kegiatan rekreasi atau untuk
merencanakan pembelian kemudian.
Pasar Ceruk / Niche Market
Salah satu poin
penting yang perlu dilakukan para pemula sebelum menekuni peluang
bisnis di internet yaitu memilih niche market yang cukup
potensial bagi bisnis mereka. Ramainya persaingan pasar di bisnis online saat
ini, secara tidak langsung memaksa sebagian besar pemula untuk saling berebut
pasar dengan pelaku bisnis online lainnya. Sehingga memilih fokus di salah satu
niche market menjadi salah satu strategi bisnis untuk menghadapi
persaingan pasar yang semakin hari semakin padat.
Apa itu niche market?
Niche
market (ceruk pasar) sering diartikan sebagai kelompok konsumen atau
target pasar yang memiliki ketertarikan pada sebuah bidang yang sama. Dengan
menentukan niche market tertentu maka Anda dapat mulai fokus
menjalankan bisnis online secara optimal, karena Anda hanya menangani satu
bidang tertentu yang banyak diminta konsumen Anda. Misalnya saja seperti bisnisukm.com yang sengaja memilih niche
bisnis untuk lebih fokus memberikan total solusi kapada para
pengunjung yang membutuhkan segala informasi tentang usaha.
Meskipun pemilihan niche
market sangatlah penting dalam memulai bisnis online, namun pada
kenyatannya banyak para pemula yang masih bingung untuk mencari pasar yang
paling tepat bagi bisnis onlinenya. Melihat kenyataan tersebut, pada kesempatan
kali ini kami mencoba berbagi informasi kepada para pembaca tentang beberapa
tips memilih niche market
dalam berbisnis online.
1. Lakukan riset pasar
Sebelum memilih niche market
yang paling tepat dengan bisnis
Anda, sebaiknya lakukan riset pasar untuk memilih bidang apa yang saat ini
diminati para pengguna internet. Anda bisa menggunakan mesin pencarian seperti google
untuk mengetahui keyword (kata kunci) yang banyak dicari pasar.
Sehingga peluang Anda untuk mendapatkan untung besar dari bisnis di internet,
semakin terbuka lebar.
2. Pilih niche
market yang tidak terlalu luas
Pilihlah ceruk pasar yang lebih
spesifik (khusus), agar Anda dapat fokus di bidang tersebut dan memberikan
solusi kepada konsumen Anda dengan lebih optimal. Saat ini para pengunjung
cenderung lebih pintar dalam memilih produk atau jasa yang ditawarkan pelaku
bisnis online, karena itu fokuslah pada bisnis yang Anda jalankan dan berikan
produk yang berkualitas serta tawarkan solusi tuntas untuk membantu
permasalahan yang mereka hadapi.
3. Memilih pasar yang
sesuai dengan minat dan bakat Anda
Minat dan bakat menjadi bagian
dari modal usaha yang akan Anda butuhkan ketika menjalankan bisnis online.
Karena itu pilihlah ceruk pasar yang sekiranya Anda minati, atau sesuai dengan
kemampuan yang Anda miliki. Dengan begitu Anda tidak akan mengalami kesulitan
ketika membuat konten, mengingat keberadaan konten menjadi kunci utama
kesuksesan sebuah bisnis online.
Setelah membahas bersama-sama
apa itu niche market dan bagaimana tips memilih niche market yang
tepat, semoga para pembaca dapat memperoleh manfaat dari informasi yang kami
sampaikan. Dan menjadi tambahan informasi bagi para pemula yang mencoba terjun
di bisnis online.
Selamat berkarya dan salam sukses!!!
No comments:
Post a Comment